Selasa, 02 Agustus 2011

Nigella Sativa (Habbatussauda)

Nigella Sativa (Habbatussauda)
Obat dan Supplemen Kesehatan Terampuh

Kemasan Extract Soft Gell Nigella Sativa Oil
(Golden Nigella Sativa /Bio Nigell)

 


Product Alami

         100% produk alami
         100% Habbatussauda Murni
         Mudah dicerna tubuh dan tidak mengendap di ginjal
         Tidak mengandung bahan kimia
         Tidak mengandung bahan pengawet
         Tidak mengandung racun (non-toxic), tidak menimbulkan alergi (non-allergenic) dan tidak berinteraksi negative dengan obat, makanan atau suplemen lainnya.


Nigella Sativa (Habatussauda) adalah sejenis tanaman yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berkembang biak dengan biji yang terletak di dalam kapsul buah. Saat kapsul buah matang, ia akan membuka dan biji yang ada di dalamnya akan mengudara dan berubah menjadi hitam, sehingga disebut Biji Hitam (Black Seed). Biji Nigella Sativa berukuran kecil dan pendek (panjang antara 1-2mm), hitam, berbentuk trigonal, memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.

Dalam Sejarah Nigella Sativa (Habbatus Sauda) pertama kali ditemukan di kuburan Tutankhamen (Firaun) di Yunani Kuno, di mana pada saat itu raja-raja di kubur bersama-sama dengan Nigella untuk membantu diakhir hidupnya, dan dalam kajian arkeologi Nigella Sativa memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan Mesir kuno. Bahkan Nigella Sativa digunakan Notfete dan Cleopatra untuk merawat tubuhnya sebagai tambahan untuk mandi. Tumbuhan ini sudah digunakan untuk pengobatan dalam bentuk herba ataupun minyak selama berabad-abad di Asia, timur tengah dan Afrika. Secara tradisional digunakan untuk pengobatan sakit pernafasan, perut, ginjal, liver dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Referensi tertulis pertama tentang Nigella Sativa (Black Cumin) di buku Isaia dalam Old Testament (Perjanjian Lama, kitab suci Nasrani dan Yahudi). Isaiah menjelaskan, "For the black Cumin is not threshed with threshing sledge, nor is a cart wheel rolled over the cumin, but the black cumin is beaten out with a stickthe cumin with a rad". (Isaiah 28:25,27 NKJV). Eastons Bible Dictionary menjelaskan bahwa bahasa Ibrani (bahasa kaum Yahudi) untuk kata Black Cumin "Ketsah" mengacu pada Nigella Sativa, merupakan ordo Ranunculaceae yang tumbuh liar di negara Mediterania, dan dikembangkan di Mesir dan Siria.
Nigella Sativa juga termasuk dalam daftar obat-obatan alamiah dalam buku Al-Tibb Al-Nabawi (Pengobatan Para Nabi). Nabi Muhammad SAW pun telah merekomendasikan penggunaan Nigella Sativa untuk kesehatan, sebagaimana hadits "Gunakanlah Habbatus Sauda (Nigella Sativa), karena sesungguhnya di dalamnya terdapat obat semua penyakit, kecuali kematian". (HR. Bukhori Muslim)
Nigella Sativa (Habbatussauda) dalam Dunia Medis

Dalam berbagai uji klinis yang dilakukan para ilmuwan, Nigella Sativa mengandung 40% minyak konstan dan 1,4% minyak aviari serta mengandung 15 amino acid, protein, calcium, zat besi, sodium dan pottasium. Sedangkan komposisi paling penting adalah: Thymoquinone (TQ), Dithymo- ouinone (DTQ), Thymohydro- quinone (THQ) dan Thymol (THY).Kalangan medis tadinya menolak keras adanya sebuah herba yang bisa menyembuhkan penyakit. Tapi ketika ilmuwan muslim melakukan uji klinis dan menyimpulkan hasilnya, mereka baru mengakui kebenaran tersebut.

The Journal of America Scientist melaporkan Nigella/Habbasauda bermafaat untuk banyak penyakit karena mengandung antihistamin (anti lelah), antioxidant (pencegah kerusakan sel), antibiotic (pembunuh kuman), antimycotic (anti alergi), dan bancho-dilating effect (memperlancar) saluran pernafasan.

Dr.Micheal Tierra, penulis buku "Planetary Herbalogy" menemukan Nigella mengandung bebasitosterol, yaitu bahan untuk anti-kanker yang mujarab.

Kamus kedoktoran “Larousse” menjelaskan bahwa habbatussauda berfungsi untuk mengeluarkan angin dari perut, menambah gairah seks, dan melancarkan darah haid.
Terdapat banyak kajian pengobatan lama dan modern telah dibuat untuk mencari sejauh mana kebenaran kenyataan ini. Di dalam Kitab At Tibbun Nabawi (Pengobatan Cara Nabi yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah), menyebut bahwa habbatussauda dapat mengobati 50 jenis penyakit tanpa efek samping.

Beberapa Manfaat Nigella Sativa (Habbatussauda)

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Menurunkan kolesterol dan kadar gula, Menghaluskan dan mengencangkan kulit, Membuang racun dari dalam tubuh, Menambah energi bagi pria dan mengatasi impotensi, Meningkatkan produksi air susu ibu, Menghilangkan/ mengurangi reaksi alergi seperti gatal, asthma dan bronchitis, Mengobati jerawat dan eksim, Mencegah gangguan ginjal dan saluran kemih, Memperlambat proses penuaan sel, Menormalkan tekanan darah tinggi/rendah, Memperkuat daya konsentrasi, Menyembuhkan rematik dan asam urat, Mengobati gangguan lambung (maag) dan hati/liver, Anti Tumor, Anti kanker, Anti bakteri, ambeyen (wasir) dan virus dan lain-lain.

Kandungan nutrisi Nigella sativa selain membangun sistem kekebalan tubuh sepanjang hari, juga menyediakan sumber yang optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Nigella sativa kaya akan kandungan :

·         Nutrisi Monosakarida (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnosa, xylose dan arabinosa yang dengan mudah dapat diserap oleh tubuh sebagai sumber
energi
·         Polisakarida non-pati yang berfungsi sebagai sumber serat yang sangat berguna untuk diet.
·         Lima belas asam amino pembentuk protein, delapan diantaranya asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh, dimana tubuh tidak dapat mensistensis-nya sendiri sehingga perlu asupan dari luar. Diantaranya asam amino Arginin yang sangat penting untuk masa pertumbuhan,
·         karoten, yang diubah menjadi vitamin A oleh liver (hati).
·         Berbagai mineral, seperti: kalsium, zat besi, natrium dan kalium yang berperan penting dalam membantu peran enzim.
  • Asam Lemak, terutama Asam Lemak Esensial tak jenuh (Asam Linoleat dan Linolenat). Asam Lemak Esensial terdiri dari Asam Alfa-Linolenat (Omega-3) dan Asam Linoleat (Omega-6) sebagai pembentuk sel yang tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh sehingga harus mendapat asupan atau makanan dari luar yang memiliki kandungan Asal Lemak Esensial yang tinggi.
  • Senyawa kimia penting lainnya, seperti: minyak atsiri, thymoquinone (THQ), dithimoquinone (DTQ), dll.

Multi Khasiat Habbatussauda (Nigella Sativa)

·         Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam (Habbatussauda’) dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7%. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Kemampuan ekstrak Habbatussauda’ diakui Prof . G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan bioregulator. Dengan demikian, Habbatussauda’ dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS.





·         Meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan

Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda’ juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan dan lansia.

·         Meningkatkan bioaktivitas hormon

Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon di ataranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yang berfungsi dalam sintesis dan bioaktivitas hormon.

·         Menetralkan racun dalam tubuh

Racun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan pernapasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

·         Mengatasi gangguan tidur dan stress

Sapion yang terdapat pada Habbatussauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.

Anti histamin. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asthma bronkial. Minyak yang dibuat dari Habbatussauda’ dapat mengisolasi dithimoquinone (DTQ). Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderta asthma bronkial.

Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD pada tahun 1993 membuktikan kristal dari negelone memberi efek suppressive (menekan). Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinasi C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin.

Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Yang melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu, serbuk, jerawat dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatussauda’). Dalam prakteknya Dr. Schleincher memberi resep Habbatussauda’ ke pasiennya yang menderita influenza.

·         Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri

Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dari minyak volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan membuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strain bakteri V. cholera dan E coli dibandingkan dengan antibiotik seperti ampicilin dan tetrasiklin.

Melancarkan air susu ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonoal yang terdapat dalam minyak Habbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literatur penelitian Universitas Potchetstroom tahun 1989.

Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda’merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak.

Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan
Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang penting. Fungsinya melindungi tubuh dari benturan fisik, kuman dan jamur. Habbatussauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan dan keremajaan kulit.



Nutrisi bagi lansia dan food supplement
Kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusia lanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda’ mengandung 15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan.
Prinsip-prinsip anti tumor pada Kongres Kanker Internasional di New Delhi pada musim gugur yang lalu, minyak Habbatussauda’ diperkenalkan ilmuan kanker Immonobiologi Laboratory dari Carolina Selatan. Habbatussauda’ dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Interferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

Thymoquinone dan pengobatan kanker pankreas
Researchers at the Kimmel Cancer at Jefferson in Philadelphia have found that thymoquinone , an extract of nigella sativa seed oil, blocked pancreatic cancer cell growth and killed the cells by enhancing the process of programmed cell death, ( apoptosis ).Para peneliti di Kimmel Cancer di Jefferson di Philadelphia telah menemukan bahwa thymoquinone (THQ), dari ekstrak minyak biji Nigella sativa, menghalangi pertumbuhan sel kanker pankreas dan membunuh sel-sel kanker dengan meningkatkan proses kematian sel terprogram (apoptosis). While the studies are in the early stages, the findings suggest that thymoquinone could eventually have some use as a preventative strategy in patients who have gone through surgery and chemotherapy or in individuals who are at a high risk of developing cancer. [ 10 ] Sementara studi pada tahap awal, temuan menunjukkan bahwa thymoquinone akhirnya bisa digunakan untuk pencegahan pada pasien yang telah menjalani pembedahan dan kemoterapi atau orang yang beresiko tinggi terserang kanker.

KHASIAT LAIN HABBATUSSAUDA
1.        Anti inflamasi, mengobati perih dan radang tenggorokan.
2.        Anti Artritik, mengobati reumatik.
3.        Anti Analgesik, mengobati sakit gigi dan sakit kepala (migran).
4.        Aktivitas hormon mengatur haid dan meningkatkan aliran susu.
5.        Antiseptik, mengobati bau mulut.
6.        Antiphyretik, menurunkan demam
7.        Antivirus, membantu mengobati flu dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus (Thypus,DBD, Hepatitis, HIV/AIDS, Flu Burung, dsb.)
8.        Dematologi (penyakit kulit), mengobati jerawat dan eksim.
9.        Urinary tract, mengobati saluran kemih dan batu ginjal.
10.     Sistem kekebalan, meningkatkan daya tahan tubuh (antibody) untuk menangkal penyakit.
11.     Gastro intestinal tract, mengobati mabuk, diare, kejang, konstipasi dan empedu.
12.     Mengobati penyakit asam lambung (maag).
13.     Sistem sirkulasi, meningkatkan kerja jantung.
14.     Nematocidal, membasmi cacing pita.
15.     Respiratory tract, mengobati sesak nafas (asma).

Apa kata pakar kedokteran mengenai
NIGELLA SATIVA / HABBATUSSAUDA ?

Prof. Dr. Hildbert Wagner (German)
Nigella Sativa terbukti menyembuhkan pasien alergi, neuradermitis, asthma, dan lemahnya daya tahan tubuh
Prof. Lutz Bannasch (German)
Nigella Sativa Oil memiliki khasiat antitumor tanpa efek samping seperti terjadi pada kemoterapi dan penyinaran
Dr. Stanley Kopok (America)
Nigella Sativa memiliki peran sangat penting untuk mencegah tumor dan dalam jangka waktu lama memperkuat sistem kekebalan tubuh
Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia)
Omega yang terkandung dalam Nigella Sativa lebih besar 10 kali lipat dari pada DHA dan EPA
Dr. Michael Tierra L. AC. O.M.D.
Nigella Sativa kaya akan beta-sitosterol, yang diketahui memiliki kemampuan mencegah kanker
Dr. Peter Schleicher, M.D & Dr. Mohammed Saleh, M.D ( Mesir )
Nigella Sativa mempunyai lebih dari 100 bahan aktif dengan berbagai khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah impotensi” (dalam Buku “Black Cumin, The Magical Egyptian Herb”)
Penelitian di Universitas Pochefstroom ( German )
Kombinasi kandungan lipid dan struktur hormon dalam Nigella Sativa dapat meningkatkan air susu bagi ibu menyusui
Immunpharmacology (1995) New York, USA
Nigella Sativa Oil terbukti meningkatkan jumlah Lymphosit, Leukosit dan Phygosit dalam darah

Untuk informasi lebih lanjut dan Pemesanan Hubungi : Sri Rahayuningsih  di 0816-1880660 ataw klik link ini dengan sponsor Sri Rahayu Ningsih http://www.goldennet-int.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Penyakit dan Obatnya . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Luwak Coffee . Published by Bandung Bagus